News

Tanggap Bencana

Banjir Kali Angke Kembali Melanda Ciledug

Hujan yang terus-menerus mengguyur Ibukota Jakarta tak hanya membawa banjir tahunan di kota padat penduduk ini saja, melainkan juga ke daerah sekitarnya yang memiliki aliran air arus air tinggi seperti Kali Angke. Dini hari kemarin (10/02), sekitar pukul empat pagi, banjir setinggi 1,7 hingga 4 meter melanda wilayah Ciledug Indah I dan II Kecamatan Karang Tengah, Tangerang. Banjir yang datang setelah hujan yang mengguyur terus-menerus ini merupakan banjir yang selalu melanda wilayah ini setiap musim penghujan akibat luapan Kali Angke yang sangat dekat dengan pemukiman warga.

Sejak kemarin, tim Humanity First Indonesia (HFIdn) telah mulai memberikan bantuan. Bantuan yang telah didistribusikan sampai saat ini berupa 12 karung pakaian-pakaian layak pakai, 170 nasi bungkus, dan 480 popok bayi. Bantuan tersebut disalurkan melalui relawan yang langsung  turun ke lokasi bencana dan menemui korban banjir di posko kelurahan dan RW sekitar wilayah Ciledug Indah. Dari total 9.099 warga yang menghuni wilayah tersebut, sekitar 1000 orang telah mendapat bantuan dari HF Indonesia.

Sampai sore ini, relawan HF Indonesia masih berada di lokasi bencana membantu para korban dan terus memantau perkembangan banjir. Terpantau banjir sudah menyusut hingga mencapai ketinggian betis orang dewasa bahkan di sebagian tempat banjir telah menyusut dan tinggal menyisakan lumpur di perumahan warga. Humanity First Indonesia juga memberikan pelayanan siap sedia jika ada bantuan yang masih diperlukan sesuai keadaan para korban, seperti mengantarkan warga ke rumah sakit dan membagikan makanan secara langsung kepada korban banjir yang membutuhkan.

Leave a Reply