Bidadari Cilik Di Pengungsian Pombewe

#PeduliGempaPaluDonggala

Bidadari Cilik Di Pengungsian Pombewe

Selasa (9/10) Pombewe, Kab. Sigi, tepat tiga hari lalu seorang Ibu dari Desa Jono Oge, korban Gempa dan Likuifaksi melahirkan seorang anak perempuan. Ia berhasil melalui masa-masa kritis dalam proses kelahiran di RSUD Torabelo. Perjalanan dua jam dari tempat pengungsian menuju RSUD Torabelo, ia tempuh demi anak tercinta. Tim HF Indonesia pun mengunjungi tenda keluarga yang sedang bahagia di atas musibah yang dialaminya.

Dalam tenda, terlihat terpal ukuran 3×4 meter dijadikan atap oleh sang Ayah untuk tempat berlindung dari cuaca panas dan hujan. Potongan kain dan plastik dijadikan dinding sebagai pembatas, guna menahan terpaan angin dan debu. Di dalam “tenda ala mereka”, kami masih merasakan terpaan angin dan dinginnya suhu malam itu, Jelas saja, keluarga tersebut memilih tempat cukup tinggi untuk mengantisipasi kemungkinan gempa susulan di Kabupaten Sigi. Di tenda tersebut, kami disambut oleh bayi mungil serta sang Kakak, yang terlihat siap menjaga sang adik dari gangguan cuaca pasca gempa.

Letih dan kesedihan nampak di raut wajah Ayah dan sang Ibu. Mereka berjuang untuk bertahan hidup di alam terbuka. Kondisi tidak layak, harus dialami sang bayi yang baru saja keluar dari perut Ibu, dalam kondisi Ibu Pertiwi sedang merintih.

Namun rasa khawatir kami sedikit terbayar, saat dokter dan relawan HF Indonesia memastikan kondisi bayi dan ibunya sehat. Senyum manis dari bayi, jelas terlihat seolah tak merasakan kondisi alam sekitarnya, telah mengalami goncangan. Bayi mungil ini tidak peduli dengan dinginnya cuaca dan hempasan angin cukup kencang di perkebunan malam itu. Setelah memastikan kesehatan Ibu dan bayi, kami bergegas pamit karena perjalanan melewati bukit cukup beresiko, apabila dilakukan malam hari.

Selamat datang bidadari cilik, semoga engkau menjadi anak yang tangguh seperti kedua orang tuamu saat menjalani kehidupan di dunia ini. Jadilah penerang untuk Ibu dan Ayah. Selamat datang di dunia, dik! (red.)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.