Humanity First Indonesia di Negeri Keta

Ada yang berbeda di Negeri Keta sejak jumat lalu. Kedatangan para relawan dari Humanity First Indonesia disambut dengan ceria oleh adik-adik di desa Keta. Bahkan tak hanya anak-anak saja yang antusias menyambut kedatangan para relawan Humanity First Indonesia, tetapi juga para orangtua dan warga sekitar di Keta pun menyambut dengan gembira.

Humanity First Indonesia di Negeri Keta

Ada yang berbeda di Negeri Keta sejak jumat lalu. Kedatangan para relawan dari Humanity First Indonesia disambut dengan ceria oleh adik-adik di desa Keta. Bahkan tak hanya anak-anak saja yang antusias menyambut kedatangan para relawan Humanity First Indonesia, tetapi juga para orangtua dan warga sekitar di Keta pun menyambut dengan gembira.

IMG_6877
Jumat sore waktu setempat lima orang relawan Humanity First Indonesia tiba di Keta. Perjalanan yang ditempuh selama empat belas jam perjalanan darat ditambah tiga jam perjalanan laut dengan kapal fery, mereka akhirnya tiba di Keta setelah mengarungi lautan dengan Ketingting, alat transportasi sejenis sampan. Sesampainya di Keta, para relawan Humanity First Indonesia disambut anak-anak di Taman Baca Keta.

MVI_6993.MOV_snapshot_00.22_[2016.05.24_20.56.35]Esoknya, relawan Humanity First Indonesia dengan para mentor melakukan pertemuan untuk membahas keberlanjutan Taman Baca Keta. Kegiatan yang dirangkai dalam Forum Group Discussion (FGD) bertujuan membahas program yang akan dilakukan di Taman Baca Keta. Langkah ini merupakan komitmen yang disepakati bersama untuk keberlangsungan dan keberlanjutan Taman Baca Keta.

MVI_6837.MOV_snapshot_00.24_[2016.05.24_20.17.44]
Acara inti bersama anak-anak Taman Baca Keta dilaksanakan hari minggu pagi. Mereka sudah berkumpul dan menunggu relawan Humanity First Indonesia di Taman Baca Keta. Seperti yang telah diberitahukan sebelumnya, hari itu mereka akan bermain sambil belajar menggunakan media permainan yang bernama Edukata, sebuah permainan asah otak yang dirancang khusus oleh Humanity First Indonesia.

Tutorial yang diberikan oleh Pak Ridwan, salah seorang relawan Humanity First Indonesia kepada para mentor dan anak-anak Taman Baca Keta memudahkan permainan tersebut untuk dimengerti. Anak-anak kemudian mempraktikkan permainan Edukata tersebut dengan bantuan kakak-kakak mentor yang telah diajarkan sebelumnya. Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 pagi tersebut tak hanya mengundang antusiasme anak-anak Taman Baca Keta, tapi juga para pemuda dan para orangtua di Negeri Keta. Bahkan, permainan Edukata yang seyogyanya menyasar anak-anak, tak kalah menarik perhatian warga Keta untuk turut berpartisipasi dalam permainan ini.

IMG_7052Setelah tiga hari di Keta menggalakan Maluku Membaca, para relawan harus kembali ke Jakarta. Anak-anak Taman Baca Keta berkumpul untuk memberi ucapan terima kasih dan salam perpisahan kepada para relawan pada malam terakhir di Keta. Begitu pun sebaliknya, malam itu menjadi refleksi bagi para relawan atas pelajaran dan pengalaman hidup selama berada disana.

pulang
Pagi harinya, anak-anak turut mengantarkan para relawan untuk pulang. Bahkan mereka rela terlambat masuk sekolah demi mengucapkan salam perpisahan dan menyaksikan kepulangan para relawan Humanity First Indonesia.MVI_6993.MOV_snapshot_00.22_[2016.05.24_20.56.35]

Leave a Reply