Judul Artikel

Caption artikel lebih spesifik

Menyalakan Maluku Membaca

Oleh: Usama Ahmad Rizal

Editor : Fatimah Zahrah

IMG_20150807_090323

Dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat, pemerintah Provinsi Maluku mengadakan program gerakan gemar membaca. Gerakan ini telah berlangsung kurang lebih satu tahun.  Jumat (07/08) kemarin diselenggarakan puncak acara Gerakan Maluku Gemar Membaca.

Beberapa lembaga dan komunitas yang bergerak di bidang pendidikan turut serta dalam rangkaian acara tersebut.
Humanity First Indonesia (HFIDN) juga turut ambil bagian untuk mensukseskan program tersebut. Humanity First hadir di Maluku dengan beberapa program, khususnya dalam bidang pendidikan, HFIdn menggagas program Maluku Membaca.

Kurangnya minat baca masyarakat, khususnya di kalangan pelajar,  disebabkan oleh minimnya fasilitas bacaan yang bisa diakses oleh masyarakat. Baik ketersediaan perpustakaan daerah, perpustakaan umum, sampai harga buku yang tidak terjangkau untuk semua kalangan.

Untuk itu Humanity First menggagas “Maluku Membaca”, yakni  bantuan fasilitas baca berupa taman baca dan buku. Buku-buku tersebut  dititipkan dari negeri ke negeri. Setiap kampung dititipkan beberapa paket buku yang bisa dibaca oleh para pelajar. Setelah mereka selesai membaca, paket buku tersebut akan dikirim ke kampung lain. Kampung yang telah menyelesaikan paket bacaan akan dikirim lagi paket buku yang baru.

IMG_20150807_103222

Sasaran dari program ini adalah para pelajar yang berada di daerah terpencil di wilayah Maluku. Humanity First telah mencanangkan program tersebut di empat tempat: Negri Lima (Maluku Tengah), Pulau Kelang (Seram Bagian Barat), Limboro (Seram Bagian Barat), dan Namlea (Pulau Buru).Selain menyediakan taman baca, Humanity First juga melakukan pendampingan untuk para pelajar. Para relawan HFIdn mengedukasi masyarakat supaya bisa lebih giat membaca.
“Masyarakat antusias menyambut gerakan ini. Banyak di antara mereka yang menyumbang buku,” ujar Ridwan Ibnu Luqman, relawan Humanity First di Maluku.
Dalam melaksanakan program ini HFIdn bekerja sama dengan komunitas “Penyala” Ambon. Di puncak acara Gerakan Maluku Membaca yang dihelat Jumat lalu, HFIdn dan komunitas “Penyala” mengadakan bakti sosial pengumpulan buku.

 

 

 

2 Responses

  1. Pingback : Maluku Membaca di Negri Lima | Humanity First Indonesia

  2. Roy Laquais

    Selamat dan Sukses kpd HFIdn………………..bangga kami sebagai Warga Negara Indonesia memiliki HFIdn yg dimotori anak2 muda Indonesia yg sangat peduli dgn masyarakatnya yg nekerja tanpa pamrih……semoga dpt menjadikan inspirasi bagi generasi muda Indonesia……..Aamiin.

Leave a Reply