Project O: Bahu-membahu Mencerdaskan Anak Bangsa

Humanity First Indonesia dan PPIA RMIT (Perhimpunan Pelajar Indonesia di Universitas RMIT, Australia) bekerja sama mengusung Project O, sebuah proyek tahunan yang bercita-cita mencerdaskan anak bangsa dengan slogannya "Share to Learn, Learn to Share"

Project O: Bahu-membahu Mencerdaskan Anak Bangsa

Humanity First Indonesia dan PPIA RMIT (Perhimpunan Pelajar Indonesia di Universitas RMIT, Australia) bekerja sama mengusung Project O, sebuah proyek tahunan yang bercita-cita mencerdaskan anak bangsa dengan slogannya “Share to Learn, Learn to Share”. Pada 2016 ini, Project O mencakup dua program kerja HFIdn di bidang pendidikan, yakni: Kakak Asuh dan Maluku Membaca. Kerjasama ini dimulai sejak awal tahun 2016, dan diharapkan dapat terjalin untuk tahun-tahun berikutnya.

Kakak Asuh

Program Kakak Asuh sendiri hadir sebagai bentuk nyata kepedulian mahasiswa terhadap anak-anak yatim. Dalam 11 bulan belakangan, HFIdn berhasil mempertemukan 17 anak yatim di Panti Asuhan Nurul Ikhwan, Ciputat, dan lebih dari 20 mahasiswa yang menjadi relawan pengajar di panti tersebut. Materi ajar terdiri dari pengetahuan teknologi informasi (TIK), Bahasa Inggris, serta keterampilan yang diharapkan dapat menjadi bekal softskill anak-anak panti di masa depan.

rsz_campaign_3

Maluku Membaca
Sementara di belahan timur Indonesia, program Maluku Membaca fokus merangsang minat baca dan pengetahuan umum anak-anak di Desa Keta, Seram Bagian Timur, melalui game ADUKATA. Game yang dikreasi HFIdn bersama dengan SERRUM, sebuah komunitas kreatif di Jakarta, akan diaplikasikan juga di daerah lain di Indonesia pada masa yang akan datang. HFIdn juga memfasilitasi Taman Baca Keta sebagai ruang bagi anak Keta untuk membaca, menulis, dan menjadi kreatif.

WhatsApp-Image-20160517 (3)

Project O dan Humanity First Indonesia
Kampanye Project O dilakukan tidak hanya secara online melalui akun instagram @projecto_2016 dan @humanityfirstID serta akun twitter @HumanityfirstID tapi juga dilakukan secara offline di Australia. Rangkaian kampanye akan ditutup dengan Malam Apresiasi, yang akan dilaksanakan pada Oktober 2016.

Seperti filosofi huruf  ‘O’ pada Project O yang melambangkan keberlanjutan project ini, HFIdn bersama dengan PPIA RMIT, SERRUM, serta seluruh relawan mahasiswa yang terlibat, masih akan terus bahu-membahu mencerdaskan anak bangsa.

Leave a Reply