SMA PLUS AL-WAHID Siap Laksanakan UNBK

Knowledge For Life

SMA PLUS AL-WAHID Siap Laksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Senin (13/11), keceriaan siswa-siswi SMA PLUS AL-Wahid mewarnai ruang Lab Komputer pagi itu. Ruang Lab tersebut, kini sudah bisa digunakan untuk simulasi UNBK, bagi siswa kelas 12 yang akan melaksanakan ujian pada April mendatang. UNBK diharapkan mampu menempatkan siswa sebagai pelaku teknologi yang bermanfaat, di mana mereka dihadapkan pada kemampuan untuk mengoperasikan perangkat komputer dalam pelaksanaan ujian. Sistem ini juga dapat mengurangi resiko kecurangan dibandingkan dengan sistem pensil dan kertas.

Bantuan komputer dari Humanity First untuk SMU Plus Al Wahid sebanyak 20 buah komputer dan satu server untuk pelaksanaan UNBK.

2017 merupakan tahun ke-tiga sejak ditetapkan pelaksanaan UNBK oleh Pemerintah. Pada 2018 mendatang, SMA Plus Al-Wahid kini bisa mendaftarkan sekolahnya untuk melaksanakan UNBK. “Awalnya kami tidak yakin apakah dapat melaksanakan UNBK sendiri di SMA plus Al-Wahid tanpa menumpang ke sekolah lain. Kami sudah membeli komputer sepuluh dan meminjam komputer ke sekolah lain demi ingin melaksanakan UNBK pada tahun ini, alhamdulillah berkat bantuan Humanity First USA dan juga HF Indonesia akhirnya kami dapat melaksanakan UNBK tahun ini,” ujar Luki Abdurrahman, Kepala Sekolah SMA Plus Al Wahid.

Project Knowledge For Life tahun ini menggandeng Humanity First USA dalam menjalankan program bantuan pendidikan. Pengadaan Lab Komputer di tiga sekolah yang tersebar di Indonesia merupakan project kami di akhir tahun 2017. Fasilitas komputer yang tidak memadai membuat kami tergerak untuk mengawali misi kemanusiaan di SMA Plus Al-Wahid. Di sekolah ini, Humanity First memberikan 20 buah komputer dan satu server untuk pelaksanaan UNBK pada April nanti.

Direktur Operasional HF USA, Dr. Mahmood Qureishi saat pemotongan pita meresmikan Laboratorium Komputer SMA Plus Al-Wahid

Jumat (17/11) peresmian Lab Komputer oleh Direktur Operasional HF USA, Dr. Mahmood Qureishi dilakukan dengan pemotongan pita. Peresmian ini disaksikan pula oleh Ketua dan Wakil HF Indonesia, termasuk para relawan. Peresmian Lab Komputer, menjadi awal bahwa siswa-siswi SMA Plus Al-Wahid telah siap melaksanakan UNBK di sekolah sendiri. Rasa senang dari siswa Al-Wahid diutarakan oleh Yandi Gunawan. Ia sangat bangga menjadi angkatan pertama yang melaksanakan UNBK di sekolahnya. “Saya bersyukur, angkatan 16 menjadi pencetak sejarah pertama yang melaksanakan UNBK. Saya sangat senang, meskipun sekolah ini terletak di pedesaan, tapi kami memiliki fasilitas lab komputer yang lengkap. Terima kasih Humanity First, karena telah membantu sekolah kami,” terang Yandi.

Pengadaan Lab Komputer tidak berhenti di SMA Plus Al-Wahid, kami akan melanjutkan misi ini di dua sekolah berikutnya. Tunggu kedatangan HF Indonesia di sekolah kamu ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.