Yayasan Satu Keadilan jadi tuan rumah Pengobatan Gratis HF Indonesia

Yayasan Satu Keadilan jadi tuan rumah Pengobatan Gratis HF Indonesia

Parakan Salak, Bogor – Rabu, 21 Desember 2016, bertempat di sebuah rumah joglo yang merupakan kantor bantuan hukum Yayasan Satu Keadilan (YSK), Humanity First Indonesia bersama dengan beberapa lembaga seperti KPK, WALHI, Yayasan Satu Keadilan, Transparansi, IDI dan LBH Bandung memperingati Hari Ibu dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada warga di sekitaran Desa Parakan Salak Bogor. Para warga pun berbondong-bondong mendatangi lokasi tersebut dengan gegap gempita.

“Dengkul saya sakit, kepala pusing, ama badan pada pegal-pegal”, ujar seorang pasien saat ditensi oleh Kanin, salah satu relawan dari Humanity First Indonesia.

Pelayanan medis pun dimulai pukul 9 pagi dan terus berlangsung sampai dengan jam 3 sore. Diawali dengan penyuluhan kesehatan Humanity First Indonesia dan IDI yang diwakili oleh beberapa dokter, para warga yang hadir dijelaskan bagaimana cara hidup yang sehat dan trik cara diagnosa sederhana terhadap penyakit-penyakit umumnya. Warga tampak sangat antusias, terbukti dari 100 orang yang mendaftar berhasil terlayani sebanyak 73 pasien yang berobat dengan riwayat penyakit pasien rata-rata menderita sakit badan, pusing, darah tinggi dan diabetes.

Acara pelayanan medis sendiri dibuat dalam rangka memperingati Hari Ibu sekaligus memperingati 20 tahun komunitas band “Marginal” sebagai salah satu komunitas punk yang selama ini memperjuangkan hak-hak rakyat dalam lagu-lagunya.

Dalam rangkaian acaranya, selain pelayanan medis juga diramaikan dengan kegiatan seperti konsultasi hukum gratis yang diampu LBH Bandung, pemutaran film dan diskusi oleh perwakilan KPK dan rangkaian kegiatan lain yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pendukung dalam memeriahkan kegiatan kali ini.

“Acara ini sangat penting bagi warga kami di Parakan Salak ini, semoga acara ini bisa terus dilaksanakan di masa yang akan datang”, harap Lurah Parakan Salak.

(.red)

Leave a Reply