favicon-96x96
2004 – 2022

Program Kemanusiaan HF Indonesia

Dolor sed viverra ipsum nunc aliquet bibendum enim facilisis. In nulla posuere sollicitudin aliquam. (Dummy text, copywriter tolong isi.)
Dolor sed viverra ipsum nunc aliquet bibendum enim facilisis. In nulla posuere sollicitudin aliquam. (Dummy text, copywriter tolong isi.)

Knowledge for Life

Rumah Belajar HF

Hadirnya Rumah Belajar Humanity First adalah upaya kami untuk memberikan layanan ketersediaan sumber pembelajaran yang interaktif dan efektif.

Ini adalah sebuah langkah awal kami mewujudkan cita-cita sederhana anak-anak di Desa Namorambe dan Desa Berastagi, Sumatera Utara.

Terima kasih atas dukungan dan doa Sahabat HF yang telah peduli. Terus dukung Rumah Belajar HF agar Rumah Belajar dapat menjangkau daerah lainnya.

Global Health

Klinik Asih Sasama

Sejak awal dibentuk, yakni pada tahun 2014 silam, Klinik Asih Sasama yang berlokasi di Desa Ngloro, Gungungkidul, DIY Yogyakarta berusaha untuk terus berdedikasi penuh terhadap pelayanan kesehatan kemanusiaan terhadap siapapun yang membutuhkan tanpa memandang suku, agama, ras, golongan, serta kemampuan finansial dengan memberikan pelayanan dengan penuh cinta, kasih sayang, serta profesionalitas.

Fasilitas pelayanan Klinik Asih Sasama mencakup Poliklinik Umum, Gigi, dan Kebidanan. Selain itu, Klinik juga dilengkapi pelayanan home visit, penyuluhan, khitan, dan ambulans.

Disaster Relief

Respon Tanggap Bencana

Didukung oleh relawan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, HF Indonesia berusaha untuk menyampaikan hasil donasi dari para donatur berupa penyediaan bantuan kemanusiaan, bantuan medis, tempat tinggal, pakaian, makanan, posko, hingga air bersih untuk lokasi terdampak bencana. 

Disaster Relief

HF Peduli Senyummu

Program #HFPeduliSenyummu adalah bentuk dukungan Humanity First Indonesia kepada Pemerintah dalam mengurangi penyebaran virus COVID-19 serta membantu masyarakat yang terdampak akibar pandemi. Melalui program ini, para relawan beraksi membagikan masker & hand sanitizer gratis, melakukan edukasi protokol kesehatan, membagikan paket sembako, perlengkapan APD untuk tenaga medis, dan juga aksi donor darah akibat langkanya persediaan darah di setiap PMI dan Rumah Sakit. 

Gerakan #HFPeduliSenyummu tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia dengan penerima manfaat mencapai ratusan ribu orang.

Global Health

Optimis Indonesia Pulih

Di tengah pandemi yang melanda, kuatnya doa dan optimisme masyarakat adalah kunci untuk pulihnya Indonesia.

Memberikan edukasi terkait kebenaran Covid-19 dengan mengundang narasumber ahli di tengah banyaknya informasi hoax yang bersebaran, menyelenggarakan vaksinasi massal, dan juga bantuan pinjaman tabung oksigen adalah bentuk peduli kami pada masyarakat Indonesia untuk tetap memiliki sifat optimis, patuh protokol kesehatan, serta semangat gotong royong untuk mempercepat pulihnya tanah air tercinta dari pandemi.

FOOD SECURITY

HF Berkurban

Sejak tahun 2018, kegiatan #HFBerkurban telah menjadi salah satu program rutin Hari Raya Idul Adha. Lokasi penerima manfaat yang dipilih adalah lokasi yang paling membutuhkan bantuan, yaitu daerah yang sedang maupun telah terdampak bencana. 

#HFBerkurban merupakan program berkelanjutan, kerjasama antara Humanity First USA sebagai pendonor utama dan Humanity First Indonesia sebagai pelaksana. Beberapa Sahabat HF Indonesia juga turut mengambil kesempatan berkurban bersama HF. 

Water for Life

MCK, Sanitasi, dan Air Bersih

Humanity First Indonesia terus berusaha untu mengadadakan atau melakukan perbaikan pompa air, akses MCK, dan sanitasi untuk menyediakan air minum yang bersih dan aman ke desa-desa terpencil di daerah tertinggal, seperti Desa Pabangbon, Bogor; Aceh Besar, Aceh Barat; Desa Pombewe, Palu; Kampung Lere, Palu.

Gift of Sight

Periksa dan Pembagian Kacamata Gratis

Penglihatan adalah karunia yang tidak ternilai harganya. Sayangnya, masih banyak masyarakat kurang mampu yang kesulitan dalam membeli kacamata. Melalui program ini, Humanity First Indonesia berusaha untuk mewujudkan mimpi bagi saudara kita yang mengalami gangguan penglihatan dengan melakukan pemeriksaan mata serta pemberian kacamata secara gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

Knowledge for Life

Bantuan Komputer untuk Sekolah

Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini ternyata tak luput dari pengamatan anak didik.  Namun, hal tersebut tidak akan tercapai apabila tidak didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Dalam hal ini adalah perangkat komputer, Sistem Operasional dan Perangkat Lunak Aplikasi.

Humanity First Indonesia telah menyalurkan bantuan komputer ke tiga sekolah, yaitu SMA Plus Al-Wahid (Wanasigra, Tasikmalaya, Jawa Barat), SMP Amal Bakti (Manislor, Kuningan, Jawa Barat), dan SMA Arif Rahman Hakim (Parigi, Tangerang, Banten) untuk dapat mengikuti Sistem UNBK.

Knowledge for Life

HF x Klassku

Humanity First Indonesia bekerjasama dengan aplikasi Klassku melakukan sosialiasi ke beberapa sekolah untuk penggunaan aplikasi Klassku yang ditujukan untuk mendukung dan memudahkan para siswa-siswi dalam melakukan pembelajaran secara daring.

Aplikasi Klassku adalah aplikasi bimbingan belajar online yang dapat diakses secara gratis dengan sistem belajar terkini dan terintegrasi.

Harapan kami, dengan menggunakan aplikasi Klassku, para siswa dan siswi semakin semangat dalam belajar dan mengejar cita-citanya.

Orphan Care

Kakak Asuh

Kakak Asuh adalah program kegiatan belajar-mengajar di Panti Asuhan yang bekerjasama dengan para mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan di Panti Asuhan Nurul Ikhwan, Ciputat. Kakak Asuh merupakan wujud semangat berbagi ilmu & menambah skill aplikatif anak-anak Panti Asuhan.

Kami berharap adanya program ini, dapat memperluas wawasan, menumbuhkan rasa percaya diri dan kreatifitas anak-anak Panti Asuhan.

Knowledge for Life

Taman Baca KETA

Ternyata, masih banyak anak-anak di Negeri Keta, Pulau Seram, Maluku yang masih belum bisa membaca.

Dengan membawa harapan mewujudkan semangat baru bagi anak-anak Keta untuk menimba ilmu dan berpartisipasi dalam memajukan bangsa tercinta, Humanity First Indonesia mendirikan Taman Baca Keta dan memberikan pelatihan serta bimbingan belajar secara gratis.

Knowledge for Life

Pemberian Perlengkapan Sekolah

Akibat bencana banjir bandang yang menerpa Lebak, Banten pada awal tahun 2020 silam, perlengkapan rumah tangga hingga perlengkapan sekolah anak-anak turut terendam ataupun hanyut terbawa banjir. Karenanya, Humanity First Indonesia memberikan bantuan berupa paket alat sekolah berupa tas, buku, perlengkapan alat tulis, dan juga seragam kepada anak-anak yang terdampak banjir bandang.

Community Care

Clean The City

Komunitas Clean The City (CTC) pada awalnya tumbuh di Jakarta, 2015 saat sekumpulan orang membersihkan area Monumen Nasional dari sampah-sampah plastik yang ditinggalkan banyak orang setelah perayaan tahun baru.

Tak disangka, gerakan itu mendapat perhatian begitu besar, hingga akhirnya pelaksanaan CTC tersebar di beberapa kota di Indonesia setiap tanggal 1 Januari.

CTC menggaungkan semangat menjaga kebersihan seperti membuang sampah pada tempatnya dan mengkampanyekan gerakan “Awali Tahun Baru dengan Aksi Bersih-Bersih Kota”